Kamis, 08 Maret 2012

Menangis

          Menangis sudah menjadi identitas manusia dalam sejak lahir. Menangis merupakan respon yang di keluarkan manusia atas tersentuhnya hati oleh suatu kejadian. Keluarnya air mata adalah curahan hati manusia yang bertanda kebahagiaan, kekecewaan dan kesedihan. Setiap manusia pasti pernah mengalami hal seperti ini, tidak itu bayi, anak kecil ataupun orang dewasa. Karena menangis sudah menjadi kodrat yang melekat dalam diri manusia. Menangis bukan lah penyakit dalam diri manusia, itu adalah ungkapan perasaan yang tersimpan untuk merelaksasikan diri manusia untuk menjadi lebih tenang.

                     Air mata yang di keluarkan oleh seseorang ini ternyata dapat bermanfaat bagi orang tersebut, baik secara psikologis ataupun secara medis. Secara psikologis, tangisan dapat membuat seseorang itu sendiri merasa lebih tenang, nyaman, dan merasa lebih baik. Karena dengan kita menangis ungkapan perasaan yang tersimpan dalam diri kita ataupun  semua beban yang ada pada diri kita tersebut akan menghilang dan membuat kita tersebut pun merasa lebih baik. Menangis juga dapat mengurangi stress pada diri seseorang. Ini dikarenakan air mata yang di keluarkan oleh seseorang mengandung hormon stress yang tedapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Menangis juga dapat meningkatkan mood seseorang karena menangis dapat menurunkan tingkat level depresi seseorang dan mood akan terangkat kembali. Air mata yang dikeluarkan karena perasaan ataupun emosi mengandung 24% protein albumin yang bermanfaat dalam megatur kembali tingkat metabolisme tubuh. Dan yang terakhir adalah perasaan yang lega. Hal ini pasti di rasakan seseorang setelah menangis. Berbagai macam cobaan yang di derita, rasa kekesalan ataupun hati yang tersakiti biasanya berkurang dan timbullah perasaan yang lega. Ini di karenakan sistem limbik, otak, dan jantung menjadi lancar.

                   Secara medis, tangisan yang dikeluarkan oleh seseorang dapat membantu penglihatan. Cairan yang dikeluarkan oleh mata dapat mencegah dehidrasi pada mata yang membuat membran pada mata menjadi kabur. Tidak hanya itu, di dalam air mata juga dapat terkandung cairan yang disebut lisozom, cairan ini dapat membunuh bakteri sekitar 90-95% dalam waktu 5 menit. Air mata juga dapat mengeluarkan racun pada tubuh kita. William Frey, seorang ahli biokimia melakukan pembelajaran tentang air mata dan ternyata air mata yang keluar dari emosional seseorang mengandung racun dalam tubuh. Jadi, jika seseorang menangis dapat membuang racun dalam tubuh yang tersalurkan oleh air mata yang keluar melalui mata.
Terkadang seorang laki-laki yang mempunyai masalah yang menyangkut hatinya malu untuk menangis, dikarenakan menangis identik seperti perempuan. Padahal menangis adalah anugrah yang diberikan oleh Allah swt, untuk menyempurnakan ciptaannya yaitu manusia.

                   Oleh sebab itu, menangislah kalau memang itu perlu untuk di tangisi dan janganlah memendamkannya yang bisa berakibat negatif pada jiwa dan raga.




Refrensi : http://niahidayati.net/arti-menangis-dan-manfaat-air-mata.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar