Senin, 26 Maret 2012

HARDSKILL & SOFTSKILL

Apa itu Hardskill dan Softskill?
Ini adalah ilmu yang sudah saya ketahui sebelumnya. Sebenarnya saya sudah mendengar ilmu ini di semester 1 tetapi saya tidak tahu secara speksifikasi pengertiannya baru sekarang saya mengetahuinya.
Hard skills merupakan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Sementara itu, soft skills adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skills) dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (intrapersonal skills) yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal (Dennis E. Coates, 2006).


Perbedaan Hard & Softskill
Pemahaman dari istilah hard skill adalah skill yang dapat menghasilkan sesuatu sifatnya visible dan immediate . Contohnya adalah skill untuk mengoperasikan forklift . Perusahaan dapat dengan segera melihat apakah seseorang calon karyawan benar-benar dapat mengoperasikan forklift pada saat ia diuji untuk mengoperasikan mesin forklift tersebut. Tidak seperti hard skill , soft skill bersifat invisible dan tidak segera. Contoh soft skill antara lain: kemampuan beradaptasi, komunikasi, kepemimpinan, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, conflict resolution , dan lain sebagainya. Hard skill dapat dinilai dari technical test atau practical test . Namun bagaimana cara untuk menilai soft skill yang dimiliki oleh seseorang?
Recruitment consultancy firm menggunakan teknik wawancara yang mendalam dan menyeluruh dengan pendekatan behavioral interview . Dengan behavioral interview , diharapkan kandidat-kandidat tidak hanya memiliki hard skill namun juga didukung oleh soft skill yang baik. 


Keterkaitan Hard & Softskill Di Dunia Kerja & Kuliah
Bukan berarti bahwa sekolah atau kuliah menjadi tidak penting. Namun, keseimbangan dari pertumbuhan hardskill dan softskill akan membuat Anda mengalami sukses lebih cepat dan lebih jauh dari kesuksesan yang hanya ditunjang oleh salah satu faktor tersebut. Perpaduan antara hardskill dan softskill sangat diperlukan untuk meraih jenjang karir yang tinggi atau memperluas bisnis di masa depan.
Banyak lulusan dari perguruan tinggi baik itu negri dan swasta yang tidak siap menghadapi dunia nyata atau dunia kerja. Persaingan yang ketat kita di tuntut untuk memiliki kempuan yang lebih bukan hanya kemampuan Hardskill (nilai IPK yang tinggi) tetapi kita di tuntut untuk memeliki sebuah kompetensi seorang lulusan.
Berikut ini kompetentsi lulusan yang di harus dimiliki didalam menghadapi persaingan di dunia nyata :
•    Komunikasi tertulis
•    Bekerja dalam tim
•    Teknologi
•    Berpikir logis
•    Berkomunikasi lisan
•    Bekerja mandiri
•    Ilmu pengetahuan
•    Berpikir analitis
Kemampuan-kemampuan di atas sebenarnya kita bisa dapatkan semasa sekolah, kuliah. Organisasilah yang bisa membentuk seseorang bisa memiliki kemampuan-kemampuan di atas, apakah anda memiliki kemampuan-kemampuan tersebut ?
belajar dan belajar itulah jawabannya dan yang paling penting percaya pada kata


Apa Yang Di Butuhkan Lulusan Universitas Di Dunia Kerja?
Ternyata tidak hanya IPK tinggi yang di lihat dari lulusan universitas untuk dunia kerja. Banyak pertimbangan lain yang di lihat dari potensi individu itu sendiri. Mulai dari belajar berbicara didepan orang banyak, berpikir luas, mengetahui informasi-informasi yang mungkin orang lain tidak dapat, dapat belajar bersosialisasi juga dengan mempunya banyak teman dan lain sebagainya. justru orang-orang yang sukses mempunyai keseimbangan antara Softskill dan Kemampuannya. Maka dari itu yang  mempunyai IPK rendah jangan takut untuk susah mendapatkan pekerjaan. Karena perusahaan tidak melihat dari IPK tinggi. Percuma dong kalau mempunyai IPK tinggi tapi tidak seimbang dengan Softskill yang di miliki. Oleh sebab itu kita harus menyeimbangkan antara IPK yang tinggi dan Softskill yang kita miliki.



Refrensi :
http://hafismuaddab.wordpress.com/2010/02/13/pengertian-soft-skill-dan-hard-skill/
http://www.mail-archive.com/buni@yahoogroups.com/msg00199.html
http://harblogblog.blogspot.com/2012/03/keterkaitan-softskillhardskill-terhadap.html
http://tomchan91.blog.binusian.org/?p=191

Tidak ada komentar:

Posting Komentar